Minggu, 13 November 2011

Mau Gemuk? Nyalakan Lampu Saat Tidur

Ada berita bagus buat Anda yang ingin berat badannya bertambah, tapi mungkin juga kabar buruk buat Anda yang justru ingin berat badannya menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari Ohio State University dikatakan bahwa paparan cahaya lampu pada malam hari bisa membuat bobot tubuh meningkat, hal ini berkaitan dengan pengaruh buruk paparan cahaya lampu tersebut terhadap metabolisme tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada tikus itu ditemukan bahwa tikus yang terkena cahaya redup di malam hari selama delapan minggu memiliki berat sekitar 50 persen lebih besar dibandingkan tikus lainnya yang berada dalam gelap. Pengaruhnya terletak pada sistem metabolisme yang melambat.

Laura Foken sebagai Kepala Peneliti tersebut mengatakan di laman www.nytimes.com, bahwa meskipun tidak ada perbedaan dalam level aktivitas konsumsi makanan, tikus yang tinggal di ruangan bercahaya terang lebih gemuk. Cahaya di malam hari membuat tikus ingin makan atau merasa lapar pada waktu yang salah untuk membenahi sistem metabolisme mereka. Menurutnya jika hal ini juga terjadi pada manusia, bisa jadi petunjuk untuk mengetahui pemicu obesitas di negara-negara barat. Cahaya pada malam hari diperkirakan menjadi salah satu pemicu obesitas yang tidak diketahui banyak orang.

Kebiasaan lain yang bisa menjadi pemicu terkait cahaya diantaranya bisa jadi tidur dengan keadaan televisi atau komputer tetap menyala. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda tidur dalam keadaan gelap, matikan semua alat elektronik di dalam kamar termasuk ponsel Anda. Hal ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak tanpa gangguan. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas memang bisa memengaruhi proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar